Mengutip Kata Orang Bijak............................. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya..................... Be a GOOD MAN with share to Other..................... Silahkan Copas & Shared sesuka hati Anda.............. Aq hanya ingin berbagi apa yang aku tahu kepada kalian semua................................................. Enjoy & Browsing What Do You Need....... Salam Vespaholic...............
Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image Title of image

Daftar isi

21 September 2013

Membersihkan Aplikasi yang Diinstal dari PPA dan Mengembalikannya ke Versi Repository Resmi

Beberapa waktu yang lalu, secara tidak sengaja saya menginstal Nautilus Elementary. Waktu itu, saya melakukan update dari Update Manager. Hingga mematikan laptop, saya belum menyadari adanya perubahan. Beberapa waktu kemudian, saya menyalakan lagi laptop saya, membuka File Manager, dan kaget melihat Nautilus berubah menjadi Nautilus Elementary, sementara saya tidak merasa menginstalnya. Lalu saya teringat bahwa dalam list update-an tadi memang terdapat package nautilus, dan beberapa waktu lalu saya menggunakan Personal Package Archives (PPA) Elementary yaitu ppa:elementaryart/elementarydesktop untuk mengupdate Murrine Engine.

 


Nautilus Elementary

Nautilus Elementary memang populer dan banyak yang menyukainya dari segi style, tetapi saya lebih prefer Nautilus bawaan Ubuntu dari segi fungsionalitas. karena itu, saya memutuskan untuk mengembalikan Nautilus ke Nautilus bawaan, yaitu dengan menggunakan PPA Purge. Dengan PPA Purge, kita membersihkan package yang kita instal dari PPA, dan menginstal versi yang resmi ada di repository Ubuntu sesuai versi Ubuntu kita.


Saya menggunakan Y PPA Manager untuk menjalankan PPA Purge dengan Graphical User Interface (GUI). Y PPA Manager adalah tool untuk manajemen PPA. Fitur yang dimilikinya antara lain:
- Menambahkan PPA
- Menghapus PPA
- Membersihkan (purge) PPA
- Mendaftar package dari PPA yang terinstal di komputer kita
- Mencari package di PPA Launchpad


Untuk mengisntal Y PPA Manager, kita bisa menggunakan repository GetDeb maupun Web Upd8. Dalam bahasan ini, mari gunakan PPA Web Upd8. Pertama, tambahkan PPA-nya, yaitu ppa:webupd8team/y-ppa-manager lalu cari dan instal package y-ppa-manager. Setelah diinstal, kita bisa mengakses Y PPA Manager melalui Applications > System Tools > Y PPA Manager.


Dari Menu Advanced, pilih Purga a PPA.


Purge a PPA

Pilih PPA yang akan dibersihkan, dalam kasus saya, elementaryart-elementarydesktop-lucid dan klik Purge. Akan muncul jendela Confirm, klik OK untuk konfirmasi.

 


Pilih PPA yang akan di-purge

Sebuah jendela terminal akan terbuka. Tunggu proses uninstalasi dan penggantian package selesai. Jika sudah selesai, tutup jendela tersebut.

 


Jendela Terminal Terbuka, Tunggu Proses Selesai

Setelah me-restart komputer, saya mendapati Nautilus saya kembali ke versi aslinya :)


Nautilus Kembali setelah menjalankan PPA Purge

 

 

Sumber : ubuntuklik.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

MP3 Full Album

Movie Download

Software Download